Cara Merawat Luka Kencing manis

Cara Merawat Luka Kencing manis

Luka diabetes adalah suatu komplikasi yang terjadi pada penderita diabetes dimana kadar gula darah senantiasa tinggi sehingga merusak aliran darah dan juga syaraf-syaraf kurang sensitifitasnya thd nyeri saat terjadi luka seringkali luka baru disadari oleh penderita ketika luka sudah mengeluarkan cairan/nanah dan terjadi infeksi.

Luka diabetes juga mempunyai kriteria khusus diantaranya adalah luka sulit sembuh, seringkali luka terlihat kering (hitam/kuning) yang mungkin menurut orang awam luka sudah mulai sembuh padahal jauh dibawah kulit luka sudah dalam dan seringkali sudah terdapat goa (terowongan) dibawah kulit.

Ketidaktepatan dan ketidaktahuan penderita / keluarga dalam perawatan luka seringkali malah memperparah luka, terlebih lagi adanya keengganan penderita untuk memeriksakan diri ke pelayanan kesehatan karena khawatir akan dilakukan amputasi acapkali menyebabkan luka semakin parah.

Read the rest of this entry

Penyebab Terkena Diabetes

mengenal faktor-faktor resiko penyebab munculnya diabetes adalah suatu keharusan. Dokter akan membantu membuat diagnosis diabetes sedini mungkin lalu mengobatinya dengan baik. Diantara sebab atau faktor yang menyebabkan kita terkena diabetes adalah :

1. Keturunan

Apabila ayah, ibu, kakak atau adik mengidap diabetes, kemungkinan diri anda juga terkena diabetes lebih besar daripada bila yang menderita diabetes adalah kakek, nenek atau saudara ibu dan saudara ayah. Sekitar 50% pasien dabetes tipe 2 mempunyai orang tua yangmenderita diabetes dan lebih dari sepertiga pasien diabetes mempunyai saudara yang mengidap diabetes.

Pada diabetes tipe 2, bila saudara anda mengidap diabetes tipe 2, kemungkinan anda juga terkena diabetes adalah 90%. Bila salah satu orang tua anda terkena diabetes, kemungkinan 40% anda juga terkena. Apabila kedua orang tua terkena diabetes, kemungkinan anda menderita diabetes lebih dari 50%.

Read the rest of this entry

Pengobatan Diabetes Pada Lansia

Sebelum memulai pengobatan diabetes  pada lansia, anda harus menentukan dulu apakah lansia yang menderita diabetes ini sudah tua dan mungkin hidupnya tidak lama lagi, ataukah masih tampak segar dan kuat sehingga mungkin masih bisa bertahan sampai 15-20 tahun lagi.

Bila pada usia 70 tahun terkena diabetes dan dirawat dengan intensif, mungkin lebih dari 10 tahun lagi baru timbul komplikasi dan kita bisa berharap usianya mencapai 85 tahun atau lebih. Sebaliknya ada pasien lansia yang keluar dari panti jompo dengan kondisi dimana kebanyakan fungsi organ tubuhnya sudah menurun, dan setahun kemudian ternyata meninggal dunia. Read the rest of this entry

Obat Untuk Diabetes

Obat untuk diabetes sangat diperlukan karena pengobatan diabetes secara menyeluruh mencakup diet yang benar, olahraga yang teratur dan obat-obatan yang diminum atau suntikan insulin setiap hari. Pada diabetes tipe 1 mutlak diperlukan suntikan insulin setiap hari, sedangkan untuk diabetes tipe 2 tekadang dengan diet dan olahraga saja, glukosa darah bisa menjadi normal. Namun, umumnya penderita perlu minum obat untuk diabetes. Dalam keadaan tertentu, penderita diabetes 2 memerlukan suntikan insulin.

Di negara yang sudah maju, telah dipikirkan upaya cangkok pankreas untuk mengganti pankreas yang sudah rusak. Hanya saja hasilnya sampai saat ini belum ada yang memuaskan, kemajuan teknologi saat ini telah banyak menemukan tablet atau kapsul yang cukup menggembirakan. demikian juga macam-macam insulin baru telah dipasarkan. Dengan demikian, disamping angka kejadian diabetes juga terus meningkat, kemajuan dalam pengobatan diabetes juga terus berpacu untuk mengatasinya. Read the rest of this entry

Buah Untuk Mengurangi Resiko Diabetes

Berdasarkan penelitian di Amerika baru-baru ini, sering mengkonsumsi buah diantaranya buah Bluberi, Apel, dan Pir ternyata bisa mengurangi risiko terkena diabetes. “Mereka yang makan lebih banyak buah Bluberi atau Apel berisiko lebih rendah untuk menderita diabetes,” kata An Pan, peneliti dari Harvard School of Public Health.

An Pan menyatakan buah-buahan tersebut kaya akan flavonoids, senyawa yang terdapat dalam buah-buahan, sayur-sayuran, dan biji-bijian tertentu, yang dapat mengurangi risiko pada penyakit diabetes, lever atau kanker serta dapat mengurangi darah tinggi. “Bluberi dan apel dapat mengurangi 23 persen risiko terkena diabetes,” kata An Pan. Read the rest of this entry

Pemeriksaan Diabetes Melitus

Diabetes melitus adalah suatu gangguan metabolisme karbohidrat yang ditandai dengan hiperglikemia kronik. Pada orang sehat, kadar glukosa di dalam darah dijaga oleh tubuh agar tetap berada antara 70 – 120 mg/dl. Secara umum glukosa didapatkan dari makanan sehari-hari. Glukosa akan di metabolisme melalui oksidasi dan disimpan dalam bentuk glikogen atau lemak. Pada dasarnya pengendalian kadar glukosa di pengaruhi oleh 3 faktor, yaitu :

  1. Kemampuan tubuh untuk menghasilkan insulin
  2. kemampuan insulin untuk menghambat produksi glukosa dan menstimulasi pemakaian glukosa
  3. kemampuan glukosa untuk masuk ke sel tanpa adanya insulin Read the rest of this entry

Cara Mengurangi Resiko Diabetes

Diabetes adalah salah satu jenis penyakit yang tidak bisa dianggap sepele, karena jika tidak dijaga dengan baik, diabetes bisa memicu terjadinya penyakit berbahaya lainnya seperti gangguan jantung, gangguan ginjal, disfungsi ereksi bahkan juga penyakit kanker. Selain faktor keturunan, diabetes  juga erat kaitannya dengan gaya hidup penderitanya. Contohnya adalah malas berolahraga dan tidak menerapkan pola makan yang sehat. Seringkali, diabetes terlambat terdeteksi sehingga seringkali penyakit sudah terlanjur parah.

Diabetes dibagi menjadi tiga bagian. Diabetes tipe 1, terjadi saat sistem kekebalan tubuh yang seharusnya berfungsi melawan bakteri dan virus berbahaya, justru menyerang dan menghancurkan insulin yang memproduksi sel-sel pankreas. Hal ini menjadikan jumlah insulin berkurang dan kadar gula dalam darah meningkat. Read the rest of this entry

Pencegahan Diabetes Antara Mitos Dan Fakta

1. Badan gemuk tetapi gula darah masih baik, ini pertanda aman

Kelebihan berat badan atau obesitas adalah penyebab yang paling sering untuk diebetes. Jika gula darah puasa 100-125, dua jam sesudah makan 140-200 mg/dl, sekalipun belum disebut diabetes, atau HbA1c diantara 5,7-6,4%, hati-hatilah anda termasuk kelompok prediabetes. Kalau tidak segera diperbaiki maka  sebentar lagi anda akan menjadi penderita atau pasien diabetes

2. Diabetes tidak bisa dicegah

Untuk mencegah diabetes tipe 1 tertentu bisa dilakukan skrining dengan memeriksa DNA atau gen si anak, untuk mengetahui apakah anak tersebut peka atau mudah kena diabetes. Diet dan olahraga serta upaya menurunkan berat badan, mengubah gaya hidup dan pola makan akan dapat mencegah seseorang terkena diabetes tipe 2. Read the rest of this entry

Mitos Dan Fakta Olahraga Untuk Diabetes

1. Penderita diabetes harus berolahraga, tetapi pasien anak kecil atau orang tua sebaiknya jangan berolahraga

Semua pengidap diabetes harus berolahraga. Namun perlu disesuaiakan dengan kondisi kesehatannya. Pasien diabetes anak bisa bermain atau melakukan gerak badan lainnya. Pasien dewasa bisa beraerobik 30 menit tiap hari. Yang kegemukan butuh gerak badan lebih banyak untuk menurunkan berat badannya. Untuk pasien yang lanjut usianya lakukan senam ringan atau jalan kaki.

2. Kalau sudah berdiet dan minum obat, olahraga tidak terlalu diperlukan lagi

Setiap pasien diabetes harus berolahraga atau menggerakkan badannya. Olahraga bukan saja membakar kalori danmenurunkan gula, olahraga juga memperbaiki kerja insulin dan bisa menurunkan berat badan. Read the rest of this entry

Mitos Dan Fakta Diet Diabetes

1. Pengidap diabetes tidak boleh makan manis

Diet bagi pasien diabetes adlah mengatur makan yang seimbang, ada karbohidrat, lemak dan proteinnya. Selain itu, masih ada vitamin dan mineral. Mereka boleh makan manis tetapi jumlah karbohidratnya harus disesuaikan dengan bagimana aktifitasnya sehari-hari, usia si pasien, gulanya tinggi atau rendah, badannya gemuk atau kurus. Makanan karbohidrat akan diserap jadi gula, lemak dan protein juga secara tidak langsung mempengaruhi gula darah.

2. Penderita diabetes tidak boleh makan banyak

Yang penting bukan masalah banyak atau sedikit. Asalkan tidak mengandung kalori yang berlebihan, gula darah anda tidak akan naik. Makan banyak tapi diimbangi dengan pembakaran lewat olahraga, gula darah tetap bisa dikendalikan. Read the rest of this entry

Mitos Dan Fakta Gejala Dan Komplikasi Diabetes

Diabetes, rumor dan gosip atau apapun istilahnya selalu menarik untuk di perbincangkan. Orang lebih suka mengobrol tentang desas-desus, kasak-kusuk dan kabar angin mengenai diabetes daripada belajar tentang pengetahuan diabetes yang benar, sehingga kemudian menjadi mitos yang menjadi pegangan pasien diabetes. Mereka menjadi salah tingkah, gula darah tidak terkendali dan komplikasipun bermunculan. Diantara mitos yang muncul adalah mitos tentang gejala dan komplikasi diabetes yaitu :

1. Pasien diabetes biasanya bisa merasakan sendiri kalau gula darahnya sedang   tinggi atau rendah

Belum tentu, jika merasa lemas, haus atau berkeringat dingin ini artinya gula darah terlalu rendah. Kalau banyak kencing mungkin gula lagi tinggi. walaupun demikian, kalau sedang demam, ada gangguan saraf atau bila ada komplikasi lainnya. Gula darah tinggi atau rendah menjadi tidak menentu, sehingga harus dibuktikan dengan pemeriksaan darah. Read the rest of this entry

Pengetahuan Dasar Tentang Diabetes

Memahami tentang diabetes adalah hal penting karena bila kita faham tentang diabetes maka minimal kita bisa tahu tentang diabetes sehingga kita bisa menghindari diabetes tersebut. Tentang masalah diabetes biasanya muncul beberapa mitos yang belum tentu benar, oleh karena itu jika memahami diabetes dengan benar maka kita akan tahu fakta yang sebenarnya. Diantara mitos yang beredar adalah :

1. Sering mengkonsumsi makanan manis akan menimbulkan penyakit diabetes

Diabetes itu ada 2 macam  yaitu diabetes tipe 1 dan tipe 2. jika tidak punya insulin lantaran kerusakan pankreas maka akan timbul diabetes tipe 1. Ini tidak ada kaitannya dengan kebanyakan makan makanan manis. Akan tetapi, kebanyakan manis menyebabkan gemuk sedangkan kegemukan mengganggu kinerja insulin sehingga kualitas insulin buruk dan terjadilah diabetes tipe 2 Read the rest of this entry

Penderita Diabet Perlu Test HbA1c

Diabet tidak seharusnya menjadi mimpi buruk yang selalu menghantui penderitanya atau menjadi penghambat dalam menikmati hidup bersama keluarga tercinta. Salah satu syaratnya adalah pengendalian gula darah yang baik, yang dapat dipantau dengan pemeriksaan HbA1c setiap 3 bulan sekali.

Diabet atau kencing manis adalh kondisi dimana konsentrasi gula (glukosa) darah berada di atas normal dalam jangka waktu lama (kronis). Penyandang diabet harus menjaga agar konsentrasi glukosadarahnya terkendali dengan baik untuk mencegah timbulnya komplikasi dikemudian hari. Selain dengan pengaturan pola makan, olahraga dan pengobatan, hal lain yang perlu dilakukan adalah : Read the rest of this entry

Jenis Diabet Yang Paling Banyak Menyerang Manusia

Saat ini diketahui ada beberapa jenis diabet yang bisa diderita oleh seseorang. Tapi diantara beberapa jenis diabet ini, tipe mana yang saat ini paling banyak menyerang?

Ada beberapa tipe diabet yang bisa diderita oleh seseorang, seperti dikutip dari buku ‘Diabetes? Siapa Takut!!’ karangan Prof Dr dr Sri Hartini KS Kariadi, SpPD-KEMD, yaitu:

1. Diabet tipe 1
Diabetes tipe 1 atau dikenal juga dengan insulin-dependent diabet terjadi ketika tubuh tidak mampu memproduksi insulin apapun. Diabet ini biasanya mengenai anak-anak dan remaja, meski bisa juga menyerang orang dewasa. Read the rest of this entry

Penyebab Diabet Bukan Karena Makanan Yang Manis Saja

Diabet atau kencing manis bukan hal yang baru lagi dan mulai akrab di telinga masyarakat. Bisa jadi karena penderitanya makin banyak atau karena kesadaran masyarakat mulai meningkat. Meskipun demikian, masih banyak orang yang tanpa disadari melakukan hal-hal yang menjadi faktor risiko diabet.

Diabet pada dasarnya disebabkan oleh terganggunya fungsi insulin yang dihasilkan oleh pankreas. Hormon ini bertugas menjaga keseimbangan gula darah. Cara kerjanya adalah meningkatkan penyerapan gula darah oleh sel. Akibatnya, kadar gula darah naik sampai melebihi batas normal.

Dari 4 jenis diabet, ada 2 macam diabet yang paling sering menyerang yaitu tipe 1 dan tipe 2.
Read the rest of this entry