Peran Insulin Untuk Mengontrol Gula Darah

Diabet merupakan penyakit yang mempengaruhi kemampuan tubuh untuk menggunakan glukosa, mari kita mulai dengan melihat apa glukosa dan bagaimana tubuh Anda mengontrol itu.
Glukosa adalah gula sederhana yang menyediakan energi untuk semua sel dalam tubuh Anda. Sel-sel mengambil glukosa dari darah dan merubahnya menjadi energi (beberapa sel seperti sel-sel otak dan sel darah merah , hanya mengandalkan glukosa untuk bahan bakar). Glukosa dalam darah berasal dari makanan yang Anda makan.

Ketika Anda makan makanan, glukosa akan diserap dari usus dan didistribusikan oleh aliran darah ke semua sel dalam tubuh Anda. Tubuh anda mencoba untuk menjaga pasokan konstan glukosa untuk sel-sel Anda dengan mempertahankan konsentrasi glukosa konstan dalam darah Anda,jika tidak, sel-sel Anda kelebihan glukosa setelah makan dan kekurangan glukosa di antara waktu makan dan tidur.

Jadi, bila Anda memiliki kelebihan pasokan glukosa, tubuh Anda menyimpan kelebihannya di hati dan otot dengan membuat glikogen, glukosa rantai panjang. Ketika pasokan glukosa sedikit, tubuh memobilisasi glukosa dari glikogen yang disimpan dan / atau merangsang Anda untuk makan makanan. Kuncinya adalah untuk mempertahankan tingkat glukosa darah konstan.

Untuk mempertahankan tingkat glukosa darah konstan, tubuh Anda bergantung pada dua hormon yang diproduksi di pankreas yang memiliki tindakan yang berlawanan: insulin dan glukagon.

Insulin dibuat dan disekresikan oleh sel-sel beta dari pulau pankreas, pulau-pulau kecil sel endokrin di pankreas.  Insulin adalah hormon protein yang berisi 51 asam amino . Insulin dibutuhkan oleh hampir semua tubuh sel , namun target utama adalah sel-sel hati, sel-sel lemak dan sel otot .

Untuk sel-sel, insulin melakukan tugas  berikut ini:

  • Merangsang sel-sel hati dan otot untuk menyimpan glukosa dalam glikogen
  • Merangsang sel-sel lemak untuk membentuk lemak dari asam lemak dan gliserol
  • Merangsang sel-sel hati dan otot untuk membuat protein dari asam amino
  • Menghambat hati dan sel ginjal  dari membuat glukosa dari senyawa antara jalur metabolik (glukoneogenesis)

diabet

Kaki Penderita Diabet

Posted on Agustus 28, 2012, in Diabet melitus and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: